Efek Doppler

 

Kecepatan supersonic.

Kecepatan gerak suatu sumber bunyi mempengaruhi bentuk gelombang suara yang dihasilkan sebagaimana ditunjukkan pada peristiwa Efek Doppler. Sekarang kita akan melihat suatu fenomena yang menarik manakala kecepatan suatu sumber bunyi sama atau bahkan melebihi kecepatan bunyi. Apa akibat yang ditimbulkan? mari kita lihat bahasan di bawah ini.

Suatu pesawat terbang yang bergerak dengan kecepatan lebih kecil dari kecepatan bunyi akan menghasilkan muka-muka gelombang yang bergerak lebih cepat daripada pesawat itu sendiri. Akibatnya seorang pengamat akan mendengarkan bunyi pesawat terlebih dahulu sebelum pesawat sampai pada pengamat. Perhatikan animasi berikut ini !

 

Sekarang bagaimana bila kecepatan pesawat sama dengan kecepatan bunyi? Pesawat yang bergerak dengan kecepatan sama dengan kecepatan bunyi akan menghasilkan muka-muka gelombang yang berimpit pada pesawat. Akibatnya pengamat akan mendengarkan bunyi pesawat bersamaan dengan kedatangan pesawat. Perhatikan animasi di bawah ini !

 

Sekarang apa yang terjadi jika pesawat (supersonic) bergerak dengan kecepatan melebihi kecepatan suara ? Muka-muka gelombang bunyi yang dihasilkan akan tertinggal di belakang pesawat. Di belakang pesawat terbentuk suatu kerucut gelombang. Pengamat belum mendengarkan bunyi pesawat saat pesawat tepat sampai padanya. Bunyi baru terdengar saat pesawat telah berlalu meninggalkan pengamat. Perhatikan animasi berikut ini !

 

Gambar di bawah ini adalah gambar pesawat yang bergerak dengan kecepatan sama dengan kecepatan bunyi. Efek yang terjadi adalah apa yang disebut dengan sonic boom. Perhatikan partikel-partikel udara yang merapat disekeliling pesawat saat pesawat telah sampai pada kecepatan bunyi.

Sumber: http://www.youtube.com

Nah setelah mempelajari animasi-animasi di atas anda sekarang dapat menjelaskan mengapa pesawat supersonic baru terdengar suaranya saat ia telah berlalu dari tempat kita mengamati.

Kecepatan suatu obyek yang dibandingkan dengan kecepatan bunyi biasanya dinyatakan dalam mach. Pesawat berkecepatan mach 1 adalah pesawat yang memiliki kecepatan sama dengan kecepatan bunyi. Pesawat berkecepatan mach 1.8 atau mach 2 adalah pesawat dengan kecepatan 1.8x atau 2x kecepatan bunyi.

 

Link :

  1. "Doppler Effect." Uraian rinci tentang Effek Doppler dari Wikipedia.
  2. "Doppler Effect And Sonic Boom." Uraian mengenai Efek Doppler dan terjadinya sonic boom.
  3. "Doppler Effect." Animasi yang menjelaskan Efek Doppler.